Kumpulan Contoh Soal Bilangan Habis Dibagi: Latihan dan Pembahasan

Di bagian ini, Anda akan menemukan kumpulan contoh soal bilangan habis dibagi beserta pembahasannya. Latihan ini akan membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang pembagian bilangan dan

Dwiyantono

Contoh Soal Bilangan Habis Dibagi

Di bagian ini, Anda akan menemukan kumpulan contoh soal bilangan habis dibagi beserta pembahasannya. Latihan ini akan membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang pembagian bilangan dan meningkatkan keterampilan matematika Anda.

Apakah Anda sedang mencari contoh soal matematika untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam pembagian bilangan? Di sini, kami menyediakan berbagai contoh soal bilangan habis dibagi beserta penjelasan langkah demi langkah tentang cara meresponsnya. Soal-soal ini akan membantu mengasah kemampuan matematika Anda, memperdalam pemahaman konsep bilangan habis dibagi, dan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menyelesaikan soal-soal matematika terkait.

Poin Kunci:

  • Latihan soal matematika tentang bilangan habis dibagi membantu meningkatkan keterampilan matematika Anda dalam pembagian bilangan.
  • Contoh soal bilangan habis dibagi berguna untuk memperdalam pemahaman Anda tentang konsep bilangan habis dibagi.
  • Dengan mempraktikkan soal-soal ini secara teratur, Anda akan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menyelesaikan soal-soal matematika terkait.

Pengertian Bilangan Habis Dibagi

Sebelum kita mulai dengan contoh soal, penting untuk memahami konsep bilangan habis dibagi. Bilangan habis dibagi adalah ketika suatu bilangan dapat dibagi dengan bilangan lain tanpa menyisakan sisa. Dalam pembagian bilangan, bilangan yang membagi disebut sebagai pembagi, sedangkan bilangan yang dibagi adalah bilangan yang akan dibagi. Pada dasarnya, bilangan habis bagi artinya adalah suatu pembagian yang tidak menghasilkan sisa (bersisa nol).

Jika suatu bilangan n dapat dibagi dengan bilangan m tanpa sisa, maka n adalah kelipatan bilangan m atau n merupakan hasil kali suatu bilangan dengan bilangan m. Contohnya, jika bilangan m adalah 3, maka 3, 6, 9, 12 adalah kelipatan 3.

Contoh Soal Bilangan Habis Dibagi

Berikut ini adalah beberapa contoh soal bilangan habis dibagi:

BilanganPembagiApakah bilangan habis dibagi?
205Ya
154Tidak
3612Ya
503Tidak

Untuk menyelesaikan soal-soal seperti di atas, Anda perlu memahami konsep bilangan habis dibagi. Bilangan habis dibagi adalah bilangan yang saat dibagi dengan bilangan lain tidak menghasilkan sisa atau modulus 0. Bilangan kelipatan adalah bilangan hasil kali dari bilangan pembagi dan suatu bilangan bulat. Oleh karena itu, apabila suatu bilangan merupakan bilangan kelipatan dari bilangan pembagi, maka bilangan tersebut habis dibagi oleh bilangan pembagi.

Contoh lain:

  • 12 habis dibagi oleh 2 karena 12 adalah bilangan kelipatan dari 2.
  • 45 habis dibagi oleh 5 karena 45 adalah bilangan kelipatan dari 5.
  • 25 tidak habis dibagi oleh 3 karena 25 bukan bilangan kelipatan dari 3.

Silakan latihan dengan lebih banyak contoh soal bilangan habis dibagi untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep ini dan meningkatkan keterampilan matematika Anda.

Pembahasan Soal Bilangan Habis Dibagi

Setelah mencoba menjawab contoh soal bilangan habis dibagi, sekarang saatnya memeriksa pembahasannya. Berikut adalah penjelasan langkah demi langkah tentang bagaimana mencari tahu apakah suatu bilangan habis dibagi.

Contoh SoalPembahasan
Jika 72 dibagi dengan 8, berapa sisa hasil bagi?Untuk menentukan apakah 72 habis dibagi dengan 8, kita perlu membagi 72 dengan 8. 8 x 9 = 72, sehingga tidak ada sisa hasil bagi. Jadi, jawabannya adalah 0.
Apakah 48 habis dibagi dengan 3?Untuk menentukan apakah 48 habis dibagi dengan 3, kita perlu mengecek apakah jumlah bilangan kelipatan 3 yang lebih kecil dari 48 sama dengan 48 atau tidak. Bilangan kelipatan 3 yang lebih kecil dari 48 adalah 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30, 33, 36, 39, 42, 45, dan 48. Karena 48 terdapat pada daftar bilangan kelipatan 3 tersebut, maka 48 habis dibagi dengan 3.
Berapa hasil bagi dari 1008 dibagi dengan 6?Untuk menentukan hasil bagi dari 1008 dibagi dengan 6, kita perlu membagi 1008 dengan 6. 6 x 168 = 1008, sehingga hasil bagi adalah 168.

Dalam setiap contoh soal di atas, kita dapat melihat bahwa dengan memahami konsep bilangan habis dibagi, kita dapat dengan mudah menyelesaikan setiap soal dengan tepat.

Latihan Soal Matematika

Untuk meningkatkan keterampilan matematika Anda, kami telah menyediakan latihan soal matematika berikut. Latihan ini melibatkan berbagai jenis soal pembagian bilangan, termasuk bilangan habis dibagi. Silakan gunakan latihan ini untuk mengasah kemampuan Anda dan menguji pemahaman Anda tentang konsep matematika.

  • Contoh soal 1: Tentukan hasil dari 36 ÷ 6.
  • Contoh soal 2: Hitunglah nilai dari 72 ÷ 8.
  • Contoh soal 3: Bagaimana cara memeriksa apakah bilangan 45 habis dibagi oleh 5?
  • Contoh soal 4: Hitunglah hasil dari 225 ÷ 9.
  • Contoh soal 5: Tentukan bilangan kelipatan dari 3 yang kurang dari 21.

Anda dapat menggunakan pemahaman Anda tentang pembagian bilangan dan bilangan habis dibagi untuk menyelesaikan latihan soal ini. Silakan gunakan kalkulator jika diperlukan dan berikan jawaban seakurat mungkin.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah disediakan kumpulan contoh soal bilangan habis dibagi beserta pembahasannya, yang dapat digunakan sebagai latihan untuk meningkatkan pemahaman tentang pembagian bilangan dan memperkuat keterampilan matematika. Dengan mempraktikkan soal-soal ini secara teratur, pembaca dapat memperoleh kepercayaan diri yang lebih besar dalam menyelesaikan soal-soal matematika terkait.

Selain itu, kami juga menyediakan latihan soal matematika lainnya yang melibatkan pembagian bilangan, yang dapat membantu dalam mengasah kemampuan dan memperkuat pemahaman konsep matematika secara umum. Semua latihan soal ini dapat digunakan sebagai latihan pembagian bilangan untuk meningkatkan keahlian matematika.

Dengan demikian, artikel ini memberikan banyak manfaat dalam mengasah kemampuan matematika, termasuk memahami konsep bilangan habis dibagi, membaca contoh soal bilangan habis dibagi, dan mempraktikkan soal-soal matematika lainnya. Mari terus berlatih dan meningkatkan kemampuan matematika kita bersama-sama!

Related Post

Ads - Before Footer