Kumpulan Contoh Soal Cerita FPB Terlengkap di Indonesia

Apakah kamu sedang belajar tentang FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar? Dalam artikel ini, kami telah menyusun kumpulan contoh soal cerita FPB yang terlengkap di Indonesia.

Dwiyantono

Contoh Soal Cerita FPB

Apakah kamu sedang belajar tentang FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar? Dalam artikel ini, kami telah menyusun kumpulan contoh soal cerita FPB yang terlengkap di Indonesia. Soal-soal ini dirancang khusus untuk membantu kamu memahami konsep FPB dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuanmu dalam menyelesaikan soal cerita FPB dengan tepat dan efektif.

Setiap soal cerita FPB dirancang dengan cerdas dan efektif untuk mempersiapkanmu dalam menghadapi ujian atau tes di sekolah. Soal-soal cerita FPB akan memperkuat pemahamanmu tentang FPB dan meningkatkan kemampuanmu dalam menerapkannya dalam situasi nyata.

Jangan ragu untuk menggunakan kumpulan contoh soal cerita FPB ini sebagai latihan dan mengembangkan kemampuanmu dalam matematika. Mari kita pelajari dan pahami dengan baik konsep FPB dan cara menyelesaikan soal cerita FPB secara efektif.

Poin Kunci

  • Kumpulan contoh soal cerita FPB terlengkap di Indonesia untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep FPB.
  • Contoh soal cerita FPB dirancang secara khusus untuk mempersiapkanmu dalam menghadapi ujian atau tes di sekolah.
  • Menggunakan contoh soal cerita FPB sebagai latihan dan mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita FPB dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatanmu dalam menyelesaikan soal cerita FPB.

Apa itu FPB?

FPB merupakan kependekan dari Faktor Persekutuan Terbesar. FPB dapat diartikan sebagai bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua atau lebih bilangan bulat positif. Misalnya, FPB dari 18 dan 24 adalah 6 karena 6 adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis 18 dan 24.

Konsep FPB sering kali digunakan dalam matematika, baik dalam teori bilangan maupun dalam pemecahan masalah sehari-hari. Dengan memahami konsep FPB, kamu dapat menyelesaikan berbagai masalah matematika yang melibatkan bilangan bulat dengan lebih mudah dan cepat.

Contoh soal cerita matematika FPB dapat membantu kamu memahami cara mengaplikasikan FPB dalam situasi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, melalui latihan soal cerita FPB, kamu akan semakin terampil dan mampu menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.

Apa itu FPB?

Contoh Soal Cerita FPB dan Penyelesaiannya

Untuk memahami konsep FPB dengan lebih baik, kamu dapat melatih kemampuanmu dalam menyelesaikan contoh soal cerita FPB berikut ini beserta penyelesaiannya. Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa contoh soal cerita matematika FPB dan penyelesaiannya yang bisa membantumu memahami konsep FPB secara lebih mudah.

Contoh Soal 1:

SoalSebuah perkebunan memiliki pohon jambu, pohon mangga, dan pohon rambutan. Jumlah keseluruhan buah di pohon jambu adalah 90, jumlah keseluruhan buah di pohon mangga adalah 60, dan jumlah keseluruhan buah di pohon rambutan adalah 120. Berapa banyak buah yang dapat dibagi secara merata pada setiap pohon sehingga jumlah buah yang diperoleh sama di setiap pohon?
PenyelesaianDalam kasus ini, kita dapat menemukan FPB dari 90, 60, dan 120 dengan mencari faktor-faktor dari masing-masing angka dan melihat faktor mana yang paling besar. Faktor-faktor dari 90, 60, dan 120 adalah:
90: 1, 2, 3, 5, 6, 9, 10, 15, 18, 30, 45, 90
60: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 10, 12, 15, 20, 30, 60
120: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 12, 15, 20, 24, 30, 40, 60, 120
Dari faktor-faktor di atas, 15 adalah FPB terbesar dari 90, 60, dan 120.
Jadi, setiap pohon harus dibagi secara merata dan masing-masing akan mendapatkan 15 buah.

Contoh Soal 2:

SoalSeorang petani memiliki 120 biji kacang hijau, 180 biji kacang merah, dan 240 biji kacang buncis. Ia ingin membagi biji-biji tersebut ke dalam kantong-kantong yang berisi jumlah biji yang sama. Berapa banyak kantong yang diperlukan dan berapa banyak biji yang ada di setiap kantong?
PenyelesaianPada contoh soal ini, kita perlu menemukan FPB dari 120, 180, dan 240. Kita dapat mencari faktor-faktor dari masing-masing angka dan melihat faktor mana yang paling besar. Faktor-faktor dari 120, 180, dan 240 adalah:
120: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 12, 15, 20, 24, 30, 40, 60, 120
180: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 9, 10, 12, 15, 18, 20, 30, 36, 45, 60, 90, 180
240: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 12, 15, 16, 20, 24, 30, 40, 48, 60, 80, 120, 240
Dari faktor-faktor di atas, 60 adalah FPB terbesar dari 120, 180, dan 240.
Jadi, kita harus membagi biji-biji tersebut ke dalam kantong-kantong yang berisi 60 biji. Untuk biji kacang hijau, dapat dibagi menjadi 2 kantong, biji kacang merah dapat dibagi menjadi 3 kantong, dan biji kacang buncis dapat dibagi menjadi 4 kantong.

Contoh Soal Cerita FPB untuk SMP

Berikut adalah beberapa contoh soal cerita FPB yang disesuaikan untuk tingkat SMP:

No.SoalJawaban
1Sebuah kios buku memiliki 100 buah buku matematika, 150 buku bahasa Indonesia, dan 200 buku IPA. Berapa jumlah buku terbanyak yang dapat dijual dalam paket yang berisi buku-buku tersebut?50
2Seorang petani mempunyai 64 pohon pisang, 48 pohon mangga, dan 32 pohon sawo. Ia ingin membuat petak-petak lahan yang sama besar dan setiap petak harus memiliki satu jenis pohon. Petak apa yang terbanyak bisa dia buat?16
3Di dalam sebuah kelas, ada 30 orang siswa perempuan dan 45 orang siswa laki-laki. Siswa laki-laki dan perempuan ingin membentuk barisan dengan jumlah siswa yang sama. Berapa banyak siswa yang dapat membentuk barisan paling panjang?15

Latihan soal cerita FPB ini akan membantu kalian mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian atau penilaian di sekolah. Teruslah berlatih dan jangan ragu untuk mencari bantuan jika kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita FPB.

Contoh Soal Cerita FPB untuk Kelas 6

Jika kamu sedang mencari contoh soal cerita FPB yang tepat untuk tingkat kelas 6, maka kamu berada di tempat yang tepat. Soal-soal berikut akan membantumu memperdalam pemahamanmu tentang FPB dan menguji kemampuanmu untuk menyelesaikan soal cerita:

Soal CeritaJawaban
Seseorang memiliki 60 kelereng merah dan 90 kelereng biru. Berapa jumlah kelereng merah dan biru terbanyak yang bisa ia bagi ke dalam kotak yang sama?30
Sebuah kebun memiliki 30 pohon apel, 42 pohon jeruk, dan 18 pohon mangga. Berapa jumlah pohon buah-buahan terbanyak yang bisa dipetik?6
Tiga pekerja dapat menyelesaikan pekerjaan dalam 6 hari. Berapa banyak pekerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sama dalam 2 hari?9
Seorang petani memiliki 24 kambing dan 36 sapi. Ia ingin menyimpan mereka di kandang yang sama dengan jumlah yang sama untuk setiap jenis hewan. Berapa banyak kandang yang ia butuhkan?12

Dengan berlatih menyelesaikan soal-soal di atas, kamu akan semakin terampil dalam memahami konsep FPB dan menyelesaikan soal cerita. Selamat berlatih!

Contoh Soal Cerita FPB dengan Bilangan Prima

Bagian ini berisi contoh soal cerita FPB yang melibatkan bilangan prima. Soal-soal ini akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menyelesaikan soal cerita FPB yang lebih kompleks. Berikut adalah contoh soal cerita FPB dengan bilangan prima:

NoSoalJawaban
1Kelipatan bilangan prima dari 1 sampai 20 adalah:2 x 3 x 5 x 7 x 11 x 13 x 17 x 19 = 232,792,560
2Jika kita memiliki 2 bilangan prima, 3 dan 5, apa nilai FPB dari kedua bilangan tersebut?FPB dari kedua bilangan tersebut adalah 1
3Bilangan prima terbesar di antara 1 dan 100 adalah:97

Dengan berlatih menyelesaikan soal cerita FPB dengan bilangan prima, kamu akan semakin terbiasa dalam menggunakan konsep FPB dalam situasi yang lebih kompleks. Jangan ragu untuk mencoba soal-soal ini sebagai latihan agar kamu semakin mahir dalam menyelesaikan soal cerita FPB dengan bilangan prima.

Latihan Soal Cerita FPB Terbaik

Bagian ini berisi latihan soal cerita FPB terbaik yang akan membantu kamu meningkatkan pemahaman dan keterampilanmu dalam menyelesaikan soal cerita FPB. Soal-soal ini dirancang secara khusus untuk menguji kemampuanmu dalam mengaplikasikan konsep FPB pada situasi kehidupan sehari-hari.

Kamu dapat mencoba menyelesaikan soal-soal ini secara mandiri atau dengan bantuan guru atau teman. Jangan lupa untuk memberikan penjelasan dan langkah-langkah yang kamu ambil dalam menyelesaikan setiap soal. Hal ini akan membantu kamu memahami dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuanmu dalam menyelesaikan soal cerita FPB.

Contoh Soal Cerita FPB

NoSoalJawaban
1Tiga mobil dan lima sepeda di parkiran harus dikelompokkan sedemikian rupa sehingga setiap kelompok berisi jumlah kendaraan yang sama. Berapa kelompok yang mungkin dibentuk dan berapa banyak mobil dan sepeda yang akan diambil untuk setiap kelompok?2 kelompok, masing-masing berisi 1 mobil dan 2 sepeda.
2Enam siswa dan empat guru harus duduk dalam dua baris yang sama panjang dalam acara rapat. Setiap baris harus diisi dengan jumlah orang yang sama. Berapa banyak baris yang diperlukan dan berapa banyak siswa dan guru yang akan duduk di setiap baris?2 baris, masing-masing terdiri dari 3 siswa dan 2 guru.

Latihan Soal Cerita FPB

  1. Tiga perusahaan, XYZ, ABC, dan DEF harus membagi sepuluh produk yang dipesan oleh klien mereka secara adil. Berapa banyak produk yang akan diambil oleh setiap perusahaan?
  2. Sebuah kebun harus ditanami dengan 54 pohon mangga, 72 pohon durian, dan 90 pohon jambu. Berapa banyak pohon yang harus ditanam dalam satu baris jika setiap baris harus diisi dengan jenis pohon yang sama?
  3. Empat anak mengerjakan tugas matematika bersama-sama. Mereka memerlukan waktu yang sama untuk menyelesaikan tugas jika mengerjakannya secara mandiri. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas jika mereka bekerja secara bersama-sama?

Dengan latihan yang cukup, kamu akan semakin mudah dalam menyelesaikan soal cerita FPB. Terus berlatih dan jangan ragu untuk mencari bantuan jika kamu mengalami kesulitan dalam memahami konsep ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menyajikan kumpulan contoh soal cerita FPB yang terlengkap di Indonesia. Kami juga telah menjelaskan konsep dasar FPB serta memberikan contoh soal cerita FPB yang melibatkan bilangan prima dan ditujukan untuk siswa SMP maupun kelas 6. Selain itu, kami juga telah menyediakan latihan soal cerita FPB terbaik untuk membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilanmu dalam menyelesaikan soal cerita FPB.

Harapannya, melalui artikel ini kamu dapat mempelajari konsep FPB secara lebih baik dan efektif serta mengembangkan kemampuanmu dalam menyelesaikan soal cerita FPB. Terus berlatih dan jangan ragu untuk menggunakan contoh soal cerita FPB yang telah kami sediakan sebagai referensi dan latihan. Semoga sukses dalam perjalananmu belajar matematika!

Related Post

Ads - Before Footer