Kumpulan Contoh Soal Keterbagian untuk Pemahaman Matematika Anda

Peningkatan pemahaman matematika sangat penting dalam mencapai keberhasilan dalam belajar. Untuk membantu Anda menguasai konsep keterbagian, kami telah menyediakan kumpulan contoh soal keterbagian yang lengkap

Dwiyantono

Contoh Soal Keterbagian

Peningkatan pemahaman matematika sangat penting dalam mencapai keberhasilan dalam belajar. Untuk membantu Anda menguasai konsep keterbagian, kami telah menyediakan kumpulan contoh soal keterbagian yang lengkap beserta penyelesaiannya. Dengan mempelajari dan berlatih soal-soal ini, Anda akan lebih memahami dan terampil dalam menyelesaikan soal keterbagian dalam matematika.

Kami menyajikan contoh soal matematika keterbagian dalam berbagai bentuk, termasuk soal cerita, soal pilihan ganda, dan latihan soal mandiri. Semua contoh soal yang kami berikan dilengkapi dengan jawaban dan penyelesaiannya sehingga Anda dapat memeriksa jawaban Anda dengan benar dan memperbaiki kesalahan Anda dalam proses belajar.

Pengertian Keterbagian dalam Matematika

Pengertian keterbagian dalam matematika adalah sebuah konsep yang berkaitan dengan pembagian suatu bilangan menjadi dua bagian yang sama besarnya atau hampir sama besarnya. Konsep ini juga berkaitan dengan pemecahan masalah matematika yang melibatkan pembagian menjadi bagian yang lebih kecil.

Fungsi keterbagian dapat diterapkan pada berbagai aspek dalam matematika, seperti perbandingan keterbagian, kecepatan rata-rata, dan pada kasus lain di mana pembagian menjadi dua bagian sama besarnya dibutuhkan.

Latihan Soal Keterbagian

Untuk memperkuat pemahaman Anda tentang konsep keterbagian, diperlukan latihan soal keterbagian secara reguler. Beberapa contoh soal latihan keterbagian yang dapat Anda gunakan untuk praktik mandiri:

  1. Selena memiliki 24 buah apel dan ingin membaginya menjadi dua bagian yang sama besar. Berapa buah apel yang akan Selena peroleh dalam setiap bagian?
  2. Sebuah camilan dibagi menjadi dua bagian yang sama besar. Jika masing-masing bagian memiliki berat 150 gram, berapa gram berat total camilan tersebut?
  3. Sebuah toko buku memiliki 450 buku dan ingin membaginya menjadi dua bagian yang sama besar. Berapa buku yang ada pada masing-masing bagian?

Lakukan latihan soal ini secara rutin untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami dan menyelesaikan masalah keterbagian.

Contoh Soal Keterbagian Cerita

Soal cerita keterbagian sering muncul dalam ujian dan dapat membingungkan bagi banyak siswa. Namun, Anda dapat memecahkan masalah itu dengan mempelajari teknik penyelesaiannya. Berikut ini adalah contoh soal cerita keterbagian beserta jawabannya:

SoalJawaban
Bank A memiliki 1200 nasabah, sedangkan Bank B memiliki 1800 nasabah. Jika masing-masing nasabah mempunyai saldo rata-rata 10 juta rupiah di Bank A dan 7.5 juta rupiah di Bank B, berapa total saldo nasabah di kedua bank tersebut?Saldo total nasabah di Bank A = 1200 x 10.000.000 = 12.000.000.000 rupiah
Saldo total nasabah di Bank B = 1800 x 7.500.000 = 13.500.000.000 rupiah
Total saldo nasabah di kedua bank = 12.000.000.000 + 13.500.000.000 = 25.500.000.000 rupiah
Sebuah hotel mempunyai 30 kamar. Jika setiap kamar dapat diisi oleh 2 orang dewasa dan 1 anak-anak, dan hotel tersebut diisi oleh 70 orang dewasa dan 20 anak-anak, berapa jumlah kamar yang kosong?Setiap kamar diisi oleh 2 orang dewasa dan 1 anak-anak = 3 orang/kamar
Kapasitas hotel = 30 x 3 = 90 orang
Jumlah orang yang menginap = 70 dewasa + 20 anak-anak = 90 orang
Jumlah kamar yang kosong = 30 – 0 = 30 kamar
Sebuah cafe mempunyai 5 jenis kopi dan 8 jenis makanan. Setiap pelanggan harus memesan minimal 1 kopi dan 1 makanan. Jika pada suatu hari cafe tersebut melayani 120 pelanggan, berapa kombinasi yang mungkin terjadi?Jumlah kombinasi yang mungkin terjadi = 5 x 8 x 4 x 7 = 1120 kombinasi

Soal Pilihan Ganda Keterbagian

Soal pilihan ganda adalah salah satu format soal yang sering digunakan untuk menguji pemahaman keterbagian. Berikut adalah beberapa contoh soal pilihan ganda keterbagian beserta jawabannya:

NoSoalJawaban
1Jika a keterbagian dari b dan b keterbagian dari c, maka a keterbagian dari…c
2Jika a keterbagian dari b dan c keterbagian dari b, maka a dan c adalah…sebangun
3Jika a keterbagian dari b, maka b pasti…tidak keterbagian dari a

Di bawah ini adalah contoh soal perbandingan keterbagian:

  1. Jika a keterbagian dari b dengan perbandingan 2:3 dan b keterbagian dari c dengan perbandingan 5:7, maka a keterbagian dari c dengan perbandingan…
  • A. 2:5
  • B. 3:5
  • C. 2:7
  • D. 3:7
  • E. 7:3

Jawaban: B

Dalam menjawab soal pilihan ganda keterbagian dan soal perbandingan keterbagian, perlu diingat bahwa perbandingan antara keterbagian harus diperhatikan dengan baik. Jika perlu, tuliskan perbandingan keterbagian pada suatu lembar kertas untuk memudahkan perhitungan.

Latihan Soal Keterbagian untuk Praktik Mandiri

Latihan mandiri sangat penting dalam memperdalam pemahaman keterbagian. Berikut ini adalah beberapa contoh soal keterbagian yang dapat Anda gunakan untuk melatih kemampuan Anda secara mandiri:

  1. Sebuah klub memiliki 90 anggota. Jika 30% anggotanya adalah wanita, berapa banyak wanita di klub tersebut?
  2. Jumlah total siswa di sebuah sekolah adalah 1200 orang. 25% dari siswa tersebut mengambil pelajaran matematika. Berapa banyak siswa yang mengambil pelajaran matematika?
  3. Sebuah restoran memiliki 80 kursi dan 6 meja. Jika setiap meja memiliki jumlah kursi yang sama, berapa banyak kursi setiap meja?
  4. Sebuah lapangan memiliki luas total 2400 m2. Jika luas lapangan yang digunakan untuk sepak bola adalah 800 m2, berapa persentase luas lapangan yang digunakan untuk olahraga sepak bola?
  5. Sebuah toko buku memiliki stok 1200 buku. Jika 20% stok buku tersebut adalah matematika, berapa banyak buku matematika yang tersedia di toko buku tersebut?

Itulah beberapa contoh soal latihan keterbagian yang dapat Anda kerjakan. Untuk melihat penyelesaiannya, silakan merujuk pada bagian sebelumnya di artikel ini. Dengan berlatih menggunakan contoh soal keterbagian ini secara mandiri, Anda akan semakin mahir dalam memahami dan menyelesaikan soal keterbagian dalam ujian atau tes matematika.

Contoh Soal Matematika Keterbagian dan Penyelesaiannya

Berikut ini adalah beberapa contoh soal matematika keterbagian beserta penyelesaiannya. Dengan memahami konsep keterbagian, Anda dapat menyelesaikan soal-soal ini dengan mudah.

Contoh Soal 1:

SoalJumlah marsupialia di suatu kebun binatang adalah 150 ekor. Jumlah kanguru adalah 3/4 dari seluruh marsupialia. Berapa jumlah kanguru di kebun binatang tersebut?
PenyelesaianJumlah kanguru adalah :

3/4 x 150 ekor = 112,5 ekor

Jadi, jumlah kanguru di kebun binatang tersebut adalah 112,5 ekor.

Contoh Soal 2:

SoalSebuah kotak bola basket berisi 48 bola. Jika diambil 3 bola secara acak, berapa kemungkinan salah satu bola tersebut berwarna merah?
PenyelesaianKemungkinan bola pertama berwarna merah adalah :

8/48 = 1/6

Kemungkinan bola kedua tidak berwarna merah adalah :

40/47

Kemungkinan bola ketiga tidak berwarna merah juga adalah :

39/46

Maka kemungkinan salah satu bola tersebut berwarna merah adalah :

1/6 x 40/47 x 39/46 = 65/564

Jadi, kemungkinan salah satu bola tersebut berwarna merah adalah 65/564.

Contoh Soal 3:

SoalBu Megi memiliki 60 bunga di kebunnya. Ia ingin menanam kebun bunga tersebut dengan rasio 2:3 antara bunga mawar dan bunga anggrek. Berapa jumlah bunga mawar yang harus ditanam Bu Megi?
PenyelesaianJumlah bunga mawar adalah :

2/5 x 60 bunga = 24 bunga

Jadi, Bu Megi harus menanam 24 bunga mawar.

Dalam menyelesaikan soal matematika keterbagian, sangat penting untuk memahami konsep keterbagian pada awalnya sebelum mengerjakan soal-soal tersebut. Dengan melatih diri dan berlatih soal-soal yang relevan, Anda akan lebih mudah memahami dan menyelesaikan soal-soal tersebut.

Penerapan Keterbagian dalam Situasi Nyata

Konsep keterbagian dalam matematika sering kali digunakan dalam situasi nyata di kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh penerapan keterbagian:

Penerapan Fungsi Keterbagian

SituasiFungsi Keterbagian
Seorang tukang bangunan membangun sebuah tembok. Dia memerlukan semen sebanyak 2 kg untuk setiap 1 m2 tembok yang dibangun.Jika A adalah luas tembok yang dibangun dalam meter persegi, maka jumlah semen yang dibutuhkan (S) dapat dihitung menggunakan fungsi: S = 2A.
Seorang petani menanam jagung di lahan seluas 200 m2. Dia membutuhkan pupuk sebanyak 1 kg untuk setiap 10 m2 lahan yang ditanami.Jika A adalah luas lahan yang ditanami dalam meter persegi, maka jumlah pupuk yang dibutuhkan (P) dapat dihitung menggunakan fungsi: P = A / 20.

Dari contoh di atas, kita dapat melihat bagaimana fungsi keterbagian dapat membantu menghitung jumlah material yang dibutuhkan untuk suatu proyek.

Perbandingan Keterbagian

Perbandingan keterbagian sering kali digunakan untuk membandingkan dua variabel yang berkaitan dengan pembagian atau perbagian. Contohnya sebagai berikut:

  • Sebuah bis melakukan perjalanan dari kota A ke kota B dengan jarak 240 km. Setelah melakukan perjalanan selama 3 jam, bis tersebut telah menempuh sejauh 120 km. Berapa lama lagi bus tersebut akan mencapai kota B?
  • Sebuah pipa dapat mengalirkan air sebanyak 18 liter dalam waktu 30 menit. Berapa lama waktu yang diperlukan pipa tersebut untuk mengalirkan air sebanyak 36 liter?

Dari contoh di atas, kita dapat melihat bagaimana perbandingan keterbagian dapat membantu menghitung waktu atau jumlah yang dibutuhkan untuk suatu proses.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menyajikan kumpulan soal keterbagian yang lengkap beserta penyelesaiannya untuk membantu Anda memperdalam pemahaman matematika. Dalam proses belajar, penting untuk memahami konsep keterbagian dan menguasai teknik penyelesaiannya. Dengan menguasai soal-soal keterbagian, Anda akan siap untuk menghadapi tes atau ujian matematika dengan lebih percaya diri.

Latihan mandiri dengan menggunakan soal keterbagian yang disediakan juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan pemahaman Anda secara efektif. Selain itu, penerapan konsep keterbagian dalam situasi nyata juga dapat membantu Anda memahami aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami konsep keterbagian dan meningkatkan pemahaman matematika secara keseluruhan.

Related Post

Ads - Before Footer