Siap Berkompetisi dengan Contoh Soal OSN Matematika SD Terbaru

Jika Anda ingin memenangkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SD, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mempelajari contoh

Dwiyantono

Contoh Soal OSN Matematika SD

Jika Anda ingin memenangkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SD, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mempelajari contoh soal OSN Matematika SD terbaru.

Artikel ini akan memberikan contoh soal yang dirancang khusus untuk membantu Anda dalam menghadapi kompetisi OSN Matematika SD. Kami telah memilih soal-soal yang mencakup berbagai tingkat kesulitan dan jenis soal yang mungkin akan muncul dalam kompetisi tersebut.

Poin Kunci:

  • Memahami contoh soal OSN Matematika SD terbaru sangat penting untuk mempersiapkan diri dalam kompetisi tersebut.
  • Contoh soal OSN Matematika SD tahun sebelumnya dapat membantu memahami jenis soal yang mungkin muncul.
  • Belajar cara menghitung dan menyelesaikan soal-soal OSN Matematika SD dapat membantu meningkatkan kemampuan matematika.
  • Contoh soal OSN Matematika SD tingkat kabupaten dan nasional memperlihatkan variasi soal yang mungkin muncul pada tingkatan kompetisi yang lebih tinggi.
  • Mengetahui jawaban yang benar pada contoh soal OSN Matematika SD dapat membantu memeriksa pemahaman kita terhadap materi.

Contoh Soal OSN Matematika SD Tahun Sebelumnya

Tidak ada yang lebih baik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi sebuah kompetisi selain dengan melihat contoh soal tahun sebelumnya. Berikut ini adalah contoh soal OSN Matematika SD dari tahun sebelumnya yang dapat membantu peserta untuk memahami jenis soal yang mungkin akan muncul dalam kompetisi.

NoSoalJawaban
1Lebih besar mana 29.984 atau 29.849?29.984
2Dalam sehari tikus dapat memakan 3/5 keju, sedangkan kucing dapat memakan 2/3 dari sisa keju yang ditinggalkan oleh tikus. Jika di awal jumlah keju adalah 30 kg, maka berapa kg keju yang tersisa setelah tikus dan kucing masing-masing memakan?6 kg
3Jika 3x = 4y dan x+y =11, maka nilai y adalah?9
4Keliling persegi panjang adalah 72 cm dan panjangnya adalah 24 cm. Berapa luas dari persegi panjang tersebut?432 cm2

Pada bagian selanjutnya, akan disajikan contoh soal beserta pembahasannya agar peserta dapat belajar cara menghitung dan menyelesaikan soal-soal tersebut dengan tepat.

Contoh Soal OSN Matematika SD dan Pembahasannya

Bagian ini akan menyajikan beberapa contoh soal OSN Matematika SD beserta pembahasannya. Peserta dapat belajar cara menghitung dan menyelesaikan soal-soal tersebut dengan tepat dan terperinci.

Contoh Soal 1:

SoalJawaban
Diketahui panjang sebuah tali adalah 24 meter. Jika tali tersebut dipotong menjadi beberapa bagian dengan panjang masing-masing 8 meter, maka berapa bagian yang akan didapatkan?3

Pembahasan:

Untuk mencari tahu berapa bagian yang akan didapatkan, maka kita perlu membagi panjang tali dengan panjang setiap bagian. Dalam hal ini, 24 meter dibagi dengan 8 meter adalah 3. Jadi, jumlah bagian yang didapatkan adalah 3.

Contoh Soal 2:

SoalJawaban
Jika 5 pensil dihargai Rp. 10000, maka berapa harga 15 pensil?Rp. 30000

Pembahasan:

Untuk mencari tahu harga 15 pensil, kita perlu membuat perbandingan antara 5 pensil dengan 15 pensil. Jika 5 pensil dihargai Rp. 10000, maka 1 pensil dihargai Rp. 10000 : 5 = Rp. 2000. Jadi, harga 15 pensil adalah 15 x Rp. 2000 = Rp. 30000.

Contoh Soal 3:

SoalJawaban
Pejalan kaki berjalan dari kota A ke kota B sejauh 12 km. Jika dia berjalan dengan kecepatan rata-rata 4 km/jam, maka berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kota B?3 jam

Pembahasan:

Untuk mencari tahu waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kota B, kita perlu membagi jarak yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata. Dalam hal ini, 12 km dibagi dengan 4 km/jam adalah 3 jam. Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kota B adalah 3 jam.

Contoh Soal OSN Matematika SD Level Tingkat Kabupaten

Pada tahap kompetisi tingkat kabupaten, peserta akan dihadapkan dengan soal-soal yang lebih menantang. Contoh soal OSN Matematika SD tingkat kabupaten ini dirancang untuk menguji kemampuan peserta dalam menyelesaikan persoalan matematika dengan lebih kompleks.

Berikut adalah beberapa contoh soal OSN Matematika SD tingkat kabupaten:

NoSoal
1Sebuah kantong plastik berbentuk kubus memiliki sisi sepanjang 10 cm. Berapakah volume kantong plastik tersebut?
2Sebuah toko buku memberikan diskon 20% untuk pembelian buku seharga Rp 100.000,-. Berapa harga yang sebenarnya harus dibayar pelanggan?
3Sebuah tanki berisi 1000 liter air. Air akan dituangkan ke dalam botol kecil berukuran 0,5 liter yang tersedia. Berapa banyak botol kecil yang dibutuhkan?

Contoh soal OSN Matematika SD tingkat kabupaten ini memerlukan pemahaman yang lebih dalam mengenai konsep matematika dan kemampuan untuk menerapkan strategi dalam menyelesaikan masalah. Peserta harus mampu menghitung dengan benar dan menjawab dengan tepat dalam waktu yang ditentukan agar bisa mendapatkan skor yang baik.

Contoh Soal OSN Matematika SD Tingkat Nasional, Provinsi, dan Kota

Pada tingkatan kompetisi yang lebih tinggi, peserta akan dihadapkan dengan soal-soal yang lebih kompleks dan menantang. Berikut ini adalah contoh soal OSN Matematika SD tingkat nasional, provinsi, dan kota yang dapat membantu peserta mempersiapkan diri:

Contoh Soal OSN Matematika SD Tingkat Nasional

1. Suatu donat memiliki diameter 14 cm dan tinggi 8 cm. Berapa volume donat tersebut?

RumusJawaban
Volume = πr2 × tinggi1008π/4 atau 252π

2. Terdapat 36 siswa dalam sebuah kelas. Berapa jumlah pasangan siswa yang bisa dipilih untuk mengerjakan tugas bersama?

RumusJawaban
C = n! / r!(n-r)!630

Contoh Soal OSN Matematika SD Tingkat Provinsi

1. Seorang pedagang membeli bunga seharga Rp 5000 dan menjualnya dengan keuntungan 20%. Berapa harga jual bunga tersebut?

RumusJawaban
Harga jual = Harga beli + (Harga beli × Persentase keuntungan)Rp 6000

2. Sebuah persegi memiliki luas 64 cm2. Berapa panjang diagonal persegi tersebut?

RumusJawaban
Diagonal = s√216√2

Contoh Soal OSN Matematika SD Tingkat Kota

1. Sebuah segitiga sama sisi memiliki panjang sisi 10 cm. Berapa luas segitiga tersebut?

RumusJawaban
Luas = √3/4 × s243,30 cm2

2. Suatu bilangan habis dibagi 3 dan jika dikurangi 2, hasilnya habis dibagi 5. Berapa bilangan tersebut?

RumusJawaban
Bilangan = 17k + 11188

Dengan mempelajari contoh soal OSN Matematika SD tingkat nasional, provinsi, dan kota, peserta akan mampu mengasah kemampuan dan menguji pemahaman mereka terhadap materi. Selain itu, berlatih dengan jenis soal yang mungkin muncul pada kompetisi dapat membantu peserta merasa lebih percaya diri saat menghadapi OSN Matematika SD.

Contoh Soal OSN Matematika SD Beserta Jawabannya

Setelah mempelajari contoh soal OSN Matematika SD dari berbagai tingkatan sebelumnya, saatnya untuk menguji pemahaman dengan beberapa soal lengkap beserta jawabannya. Berikut ini beberapa contoh soal OSN Matematika SD beserta jawabannya:

Soal 1

Sebuah kantong plastik berbentuk kubus memiliki volume 64 cm3. Berapa panjang rusuk kantong plastik tersebut?

Jawaban:

Karena kantong plastik memiliki volume 64 cm3 dan bentuknya kubus, maka volume kubus sama dengan sisi pangkat tiga. Sehingga:

sisi3 = 64 cm3

Sisi = ∛64 cm

Sisi = 4 cm

Jadi, panjang rusuk kantong plastik adalah 4 cm.

Soal 2

Aku berusia 14 tahun saat ini. Usiaku tiga kali lebih tua dari adikku. Berapa usia adikku sekarang?

Jawaban:

Jika aku berusia 14 tahun dan usiaku tiga kali lebih tua dari adikku, maka usia adikku adalah 14 ÷ 3 = 4 tahun. Sehingga, usia adikku sekarang adalah 4 + 14 = 18 tahun.

Soal 3

Sebuah pabrik mampu memproduksi 1200 bungkus mie instan dalam waktu 6 jam. Berapa banyak bungkus mie instan yang dapat dihasilkan dalam waktu 2 jam?

Jawaban:

Jumlah mie instan yang diproduksi dalam waktu 1 jam adalah:

1200 bungkus / 6 jam = 200 bungkus/jam

Sehingga, jumlah mie instan yang dapat dihasilkan dalam waktu 2 jam adalah:

200 bungkus/jam x 2 jam = 400 bungkus

Dengan mempelajari dan berlatih mengerjakan contoh soal OSN Matematika SD seperti di atas, diharapkan peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi kompetisi OSN Matematika SD.

Related Post

Ads - Before Footer