Contoh Soal Perbandingan Skala: Latihan dan Pembahasan Detil

Dalam bagian ini, kami menyajikan contoh soal perbandingan skala yang akan mempertajam pemahaman Anda tentang topik ini. Soal-soal ini cocok untuk siswa kelas 9, dan

Dwiyantono

Contoh Soal Perbandingan Skala

Dalam bagian ini, kami menyajikan contoh soal perbandingan skala yang akan mempertajam pemahaman Anda tentang topik ini. Soal-soal ini cocok untuk siswa kelas 9, dan juga mencakup contoh soal dengan pecahan serta penyelesaian matematika perbandingan skala. Anda akan menemukan latihan-latihan yang relevan dengan materi pembelajaran di SMP. Kami juga menyediakan jawaban dan penyelesaian detil untuk setiap soal agar Anda dapat memahaminya dengan lebih baik.

Soal perbandingan skala adalah alat penting dalam pengajaran matematika yang membantu siswa untuk memahami konsep perbandingan skala dengan lebih baik. Dalam latihan soal perbandingan skala kelas 9 ini, Anda akan menemukan berbagai jenis soal, termasuk soal cerita, soal pecahan, dan banyak lagi.

Latihan soal yang disajikan dalam artikel ini akan membantu siswa untuk mengasah kemampuan dalam menyelesaikan perbandingan skala dan mempersiapkan diri untuk ujian baik itu di kelas atau ujian nasional. Pelajari soal perbandingan skala kelas 9, dan pelajari juga cara menyelesaikannya dengan baik.

Berikut adalah soal perbandingan skala yang dapat membantu Anda memperdalam pemahaman Anda tentang konsep perbandingan skala:

  • Contoh soal perbandingan skala smp
  • Contoh soal pecahan perbandingan skala
  • Contoh soal penyelesaian perbandingan skala
  • Contoh soal perbandingan skala dan jawabannya
  • Contoh soal matematika perbandingan skala

Latihan Soal Perbandingan Skala untuk Siswa Kelas 9

Di bawah ini adalah soal perbandingan skala yang cocok untuk siswa kelas 9. Coba selesaikan soal-soal ini secara mandiri dan gunakan jawaban serta penyelesaian detil yang disediakan untuk memeriksa jawaban Anda.

No.SoalJawaban
1Sebuah peta menggambarkan jarak antara dua kota, A dan B, sebagai 15 cm. Skala peta adalah 1 : 2.500.000. Berapa jarak sebenarnya antara kota A dan B?375 km
2Sebuah model pesawat terbang memiliki panjang 30 cm. Skala model pesawat adalah 1 : 144. Berapa panjang pesawat sebenarnya jika skala modelnya adalah 1 : 144?4.32 m
3Sebuah bangunan setinggi 24 m pada skala 1 : 200 dilukiskan dalam bentuk model. Berapa tinggi modelnya?12 cm

Ingat, pastikan Anda mengerti konsep dasar dari perbandingan skala dan berlatih dengan berbagai jenis soal. Semoga latihan ini membantu Anda meningkatkan pemahaman Anda tentang perbandingan skala.

Contoh Soal Pecahan Perbandingan Skala dengan Penyelesaian

Perbandingan skala dapat juga melibatkan pecahan. Berikut adalah beberapa soal perbandingan skala dengan pecahan beserta penyelesaian detil:

Perbandingan SkalaPertambahan Skala
Contoh Soal 11 cm : 3/4 meter1 cm : 1 meter
Penyelesaian1 cm = (3/4) x 100 cm = 75 cm75 cm : 100 cm = 3 : 4

Dalam contoh soal di atas, perhatikan bahwa 3/4 meter adalah pecahan dalam bentuk desimal 0,75. Untuk menyelesaikan perbandingan skala, kita harus mengonversi 1 cm ke dalam satuan meter terlebih dahulu dengan mengalikan dengan 100. Setelah itu, kita dapat membandingkannya dengan 3/4 meter dan melihat bahwa perbandingan skala antara 1 cm dan 3/4 meter adalah 3 : 4.

Perbandingan SkalaPertambahan Skala
Contoh Soal 22/3 cm : 1 1/2 meter2 cm : 3 meter
Penyelesaian2/3 cm = 0,666… cm1 1/2 meter = 1,5 x 100 cm = 150 cm
0,666… cm : 150 cm2 cm : 300 cm
2 : 2252 : 300
8 : 9002 : 30

Pada contoh soal di atas, kedua perbandingan skala melibatkan pecahan. Untuk menyelesaikan perbandingan skala, kita harus mengonversi pecahan menjadi desimal terlebih dahulu. Setelah itu, kita dapat menyamakan satuan pada kedua pihak perbandingan skala dan membandingkannya. Perhatikan bahwa pada pertambahan skala, kita harus memperhatikan satuan pada kedua pihak perbandingan skala dan melakukan konversi jika diperlukan.

Contoh Soal Matematika Perbandingan Skala SMP

Bagian ini berisi contoh soal matematika perbandingan skala yang relevan dengan materi yang diajarkan di SMP. Soal-soal ini membantu Anda memahami konsep perbandingan skala secara lebih mendalam. Pembahasan detil juga disertakan untuk membantu pemahaman Anda.

Contoh Soal Matematika Perbandingan Skala SMP

Berikut adalah contoh soal matematika perbandingan skala untuk siswa SMP:

No.SoalJawaban
1Diketahui sebuah segitiga memiliki luas 48 cm². Jika perbandingan skala panjang sisi segitiga adalah 1:4, maka berapakah luas segitiga yang lebih besar jika sisi panjangnya adalah 16 cm?192 cm²
2Sebuah bangunan setinggi 24 m menghasilkan bayangan 12 m. Berapakah tinggi sebuah pohon yang menghasilkan bayangan 16 m jika perbandingan skala antara bangunan dan pohon adalah 1:2?32 m
3Sebuah sumur setinggi 6 m menghasilkan bayangan 4 m di siang hari. Berapakah bayangan yang dihasilkan oleh menara setinggi 18 m pada saat yang sama jika perbandingan skala antara sumur dan menara adalah 1:3?12 m

Latihan menyelesaikan soal-soal perbandingan skala seperti di atas dapat membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep perbandingan skala. Selamat berlatih!

Latihan Soal Cerita Perbandingan Skala

Dalam bagian ini, Anda akan menemukan latihan soal cerita perbandingan skala untuk melatih kemampuan Anda dalam menerapkan konsep perbandingan skala dalam konteks cerita.

No.SoalJawaban
1Sebuah rumah di skala 1 : 50 memiliki panjang 12 meter. Berapa panjang rumah tersebut dalam ukuran aslinya?600 meter
2Sebuah patung di skala 1 : 10 memiliki tinggi 1 meter. Berapa tinggi patung tersebut dalam ukuran aslinya?10 meter
3Sebuah peta di skala 1 : 250.000 menunjukkan jarak Jakarta ke Surabaya sejauh 14 cm. Berapa jarak sebenarnya antara Jakarta dan Surabaya?3.500 km
4Sebuah mobil mainan di skala 1 : 20 memiliki panjang 15 cm. Berapa panjang mobil tersebut dalam ukuran aslinya?3 meter
5Sebuah pohon di skala 1 : 100 memiliki tinggi 20 meter. Berapa tinggi pohon tersebut dalam ukuran aslinya?2.000 meter

Jangan lupa untuk mencoba menyelesaikan soal-soal ini secara mandiri sebelum melihat jawaban dan penyelesaian detil yang disediakan.

Contoh Soal Perbandingan Skala dan Jawabannya

Berikut adalah beberapa soal perbandingan skala beserta jawabannya yang dapat membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep ini:

No.SoalJawaban
1Jika peta sebuah kota memiliki skala 1:10.000 dan jarak antara dua titik di peta adalah 5 cm, maka berapa jarak sebenarnya di antara kedua titik tersebut?Jarak sebenarnya di antara kedua titik tersebut adalah 500 meter.
2Sebuah peta memiliki skala 1:50.000. Jika jarak antara dua tempat di peta adalah 7 cm, maka berapa jarak sebenarnya di antara kedua tempat tersebut?Jarak sebenarnya di antara kedua tempat tersebut adalah 3,5 km.
3Jika skala peta 1:25.000 dan jarak pada peta antara dua titik adalah 8 cm, maka berapa jarak sebenarnya antara kedua titik tersebut?Jarak sebenarnya antara kedua titik tersebut adalah 2 km.
4Jika skala sebuah peta 1:100.000 dan jarak antara dua titik di peta adalah 6 cm, maka berapa jarak sebenarnya di antara kedua titik tersebut?Jarak sebenarnya di antara kedua titik tersebut adalah 6 km.

Itulah beberapa soal perbandingan skala dan jawabannya yang dapat membantu Anda memahami konsep ini dengan lebih baik. Latihan terus menerus adalah kunci untuk memahami perbandingan skala dengan baik. Semoga bermanfaat!

Contoh Soal Penyelesaian Perbandingan Skala

Bagian ini berisi soal perbandingan skala dengan penyelesaian lengkap. Dalam setiap soal, Anda akan melihat langkah-langkah yang jelas dan penjelasan yang mendetail tentang cara menyelesaikan perbandingan skala tersebut. Hal ini akan membantu Anda memahami metode penyelesaian dengan lebih baik.

Contoh Soal: Sebuah peta memiliki skala 1:50.000. Jarak antara dua kota di peta tersebut adalah 7 cm. Berapa jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut?

Penyelesaian:

  1. Hitung rasio jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Perbandingannya adalah 1:50.000.
  2. Ubah ukuran jarak pada peta menjadi ukuran sebenarnya. Jarak antara dua kota pada peta adalah 7 cm. Maka, jarak sebenarnya adalah 7 x 50.000 = 350.000 cm atau 3,5 km.

Oleh karena itu, jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut adalah 3,5 km.

Anda bisa mencoba latihan soal perbandingan skala lainnya untuk lebih memahami dan melatih kemampuan dalam menyelesaikan perbandingan skala.

Related Post

Ads - Before Footer