Kumpulan Contoh Soal Volume Prisma Segitiga Kelas 6 Terlengkap

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa kelas 6. Salah satu materi yang harus dipelajari adalah volume prisma segitiga. Untuk membantu siswa

Dwiyantono

Contoh Soal Volume Prisma Segitiga Kelas 6

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa kelas 6. Salah satu materi yang harus dipelajari adalah volume prisma segitiga. Untuk membantu siswa memahami konsep volume prisma segitiga, berikut ini adalah kumpulan contoh soal volume prisma segitiga kelas 6 yang lengkap.

Soal-soal ini didesain untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menghitung volume prisma segitiga. Latihan soal juga akan disertakan untuk memperdalam pemahaman siswa dalam konsep volume prisma segitiga dalam matematika.

Poin Kunci:

  • Contoh soal volume prisma segitiga kelas 6 terdiri dari berbagai tingkat kesulitan.
  • Latihan soal volume prisma segitiga dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa.
  • Menghitung volume prisma segitiga memerlukan rumus yang tepat dan langkah-langkah perhitungan yang sesuai.

Rumus Volume Prisma Segitiga dan Cara Menghitungnya

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari rumus volume prisma segitiga dan cara menghitungnya. Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang terdiri dari alas segitiga dan tiga buah segitiga sama kaki yang memiliki luas yang sama. Untuk menghitung volume prisma segitiga, kita perlu mengetahui rumus dan langkah-langkah yang harus diikuti.

Rumus volume prisma segitiga adalah: Volume = Luas alas × tinggi prisma. Perlu diingat bahwa luas alas adalah hasil perkalian antara alas dan tinggi segitiga, yang kemudian dibagi dua, sehingga rumusnya bisa dituliskan sebagai Volume = ½ × alas × tinggi segitiga × tinggi prisma.

Untuk menghitung volume prisma segitiga, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Hitung luas alas dengan rumus ½ × alas × tinggi segitiga.
2. Tentukan tinggi prisma.
3. Kalikan luas alas dengan tinggi prisma.
4. Hasil perkalian tersebut adalah volume prisma segitiga.

Contoh Soal Prisma Segitiga

Berikut ini adalah beberapa contoh soal prisma segitiga untuk melatih kemampuan Anda dalam menghitung volume prisma segitiga.

Contoh SoalJawaban
Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang sisi 10 cm, 12 cm, dan 15 cm, dan tinggi prisma 8 cm. Hitunglah volume prisma segitiga tersebut!Jawaban: 480 cm3
Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang sisi 6 cm, 8 cm, dan 10 cm, dan tinggi prisma 12 cm. Hitunglah volume prisma segitiga tersebut!Jawaban: 240 cm3
Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang sisi 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, dan tinggi prisma 6 cm. Hitunglah volume prisma segitiga tersebut!Jawaban: 18 cm3

Dalam menghitung volume prisma segitiga, Anda dapat memanfaatkan rumus V = 1/2 x luas alas x tinggi prisma. Dalam kasus di atas, luas alas segitiga dapat dihitung menggunakan rumus luas segitiga yaitu 1/2 x alas x tinggi. Setelah itu, volume prisma segitiga dapat dihitung dengan mengalikan 1/2 x luas alas x tinggi prisma.

Latihan lebih banyak contoh soal prisma segitiga dapat membantu Anda memperdalam pemahaman dalam menghitung volume prisma segitiga.

Pembahasan Soal Volume Prisma Segitiga

Untuk meningkatkan pemahaman Anda dalam menghitung volume prisma segitiga, pada bagian ini akan diuraikan langkah-langkah penyelesaian dari contoh soal volume prisma segitiga. Simak penjelasan dan pembahasan soal berikut ini:

No.SoalJawaban
1Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang sisi masing-masing 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Tinggi prisma adalah 12 cm. Tentukan volume prisma tersebut!Penyelesaian:
Luas alas = 1/2 x alas x tinggi = 1/2 x 6 x 8 = 24 cm2
Volume prisma = luas alas x tinggi = 24 x 12 = 288 cm3
Jadi, volume prisma segitiga tersebut adalah 288 cm3.
2Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang sisi masing-masing 4 cm, 5 cm, dan 6 cm. Tinggi prisma adalah 10 cm. Tentukan volume prisma tersebut!Penyelesaian:
Luas alas = 1/2 x alas x tinggi = 1/2 x 4 x 5 = 10 cm2
Volume prisma = luas alas x tinggi = 10 x 10 = 100 cm3
Jadi, volume prisma segitiga tersebut adalah 100 cm3.
3Sebuah prisma segitiga memiliki alas segitiga dengan panjang sisi masing-masing 7 cm, 9 cm, dan 12 cm. Tinggi prisma adalah 8 cm. Tentukan volume prisma tersebut!Penyelesaian:
Luas alas = 1/2 x alas x tinggi = 1/2 x 7 x 9 = 31.5 cm2
Volume prisma = luas alas x tinggi = 31.5 x 8 = 252 cm3
Jadi, volume prisma segitiga tersebut adalah 252 cm3.

Dari penjelasan dan pembahasan soal di atas, Anda dapat mengamati bahwa untuk menghitung volume prisma segitiga, pertama-tama perlu dihitung luas alasnya. Selanjutnya, luas alas akan dikalikan dengan tinggi prisma untuk mendapatkan nilai volume prisma segitiga.

Latihan terus dan semangat belajar! Dengan dilakukan berulang-ulang, Anda pasti akan semakin mahir dalam menghitung volume prisma segitiga.

Latihan Soal Volume Prisma Segitiga

Setelah mempelajari rumus dan contoh soal, saatnya untuk mengasah kemampuan Anda dalam menghitung volume prisma segitiga dengan latihan soal berikut:

Soal 1

Tentukanlah volume prisma segitiga dengan luas alas 20 cm2, tinggi segitiga alas 6 cm, dan tinggi prisma 10 cm!

Soal 2

Sebuah prisma segitiga memiliki luas alas 36 cm2, tinggi segitiga alas 4 cm, dan tinggi prisma 12 cm. Tentukanlah volumenya!

Soal 3

Sebuah prisma segitiga memiliki volume 84 cm3, tinggi segitiga alas 7 cm, dan tinggi prisma 4 cm. Tentukanlah luas alasnya!

Soal 4

Tentukanlah volume prisma segitiga dengan luas alas 15 cm2, tinggi segitiga alas 5 cm, dan tinggi prisma 8 cm!

Setelah selesai mengerjakan latihan soal, periksa kembali jawaban Anda dan pastikan pemahaman yang benar tentang konsep volume prisma segitiga dalam matematika. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan Anda dalam matematika!

Related Post

Ads - Before Footer