Soal Matematika FPB dan KPK Kelas 4: Latihan & Pembahasan

Pada kelas 4 SD, siswa akan mempelajari materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Dalam pembelajaran yang efektif, siswa perlu berlatih dengan

Alip Adijaya

Matematika FPB dan KPK

Pada kelas 4 SD, siswa akan mempelajari materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Dalam pembelajaran yang efektif, siswa perlu berlatih dengan soal-soal untuk mengasah pemahaman terhadap materi tersebut.

Artikel ini akan memberikan contoh-contoh soal matematika FPB dan KPK kelas 4 beserta pembahasannya. Tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami konsep FPB dan KPK dengan lebih baik sehingga mereka mampu menyelesaikan soal matematika fpb dan kpk kelas 4 dengan tepat dan cepat.

Materi dan Contoh Soal FPB serta KPK Tingkat SD Kelas 4

Pada tingkat SD kelas 4, siswa akan mempelajari konsep faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Materi FPB akan mempelajari cara mencari faktor persekutuan terbesar dari dua atau lebih bilangan, sedangkan materi KPK akan mempelajari cara mencari kelipatan persekutuan terkecil dari dua bilangan atau lebih.

Untuk memahami konsep FPB dan KPK dengan baik, berikut adalah contoh soal dan pembahasannya:

No.Contoh SoalPembahasan
1Cari FPB dari 12 dan 18Faktor dari 12 adalah: 1, 2, 3, 4, 6, dan 12

Faktor dari 18 adalah: 1, 2, 3, 6, 9, dan 18

FPB dari 12 dan 18 adalah 6

2Cari KPK dari 4 dan 6Kelipatan 4: 4, 8, 12, 16, 20, 24, …

Kelipatan 6: 6, 12, 18, 24, …

KPK dari 4 dan 6 adalah 12

3Cari FPB dari 24, 36, dan 48Faktor dari 24 adalah: 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, dan 24

Faktor dari 36 adalah: 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, dan 36

Faktor dari 48 adalah: 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 24, dan 48

FPB dari 24, 36, dan 48 adalah 12

Dalam setiap contoh soal di atas, pembahasannya dijelaskan secara rinci dan mudah dipahami. Dengan melihat contoh soal dan pembahasannya ini, diharapkan siswa kelas 4 dapat lebih memahami konsep FPB dan KPK dengan baik.

Latihan Soal FPB dan KPK Kelas 4

Latihan soal menjadi bagian penting dari proses pembelajaran siswa. Dalam hal ini, latihan soal FPB dan KPK akan sangat membantu siswa memahami konsep dan meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal. Berikut ini adalah beberapa latihan soal FPB dan KPK untuk siswa kelas 4:

No.SoalJawaban
1Hitunglah FPB dari 12 dan 20.FPB dari 12 dan 20 adalah 4.
2Hitunglah KPK dari 6 dan 8.KPK dari 6 dan 8 adalah 24.
3Hitunglah FPB dari 36 dan 48.FPB dari 36 dan 48 adalah 12.
4Hitunglah KPK dari 5, 6, dan 10.KPK dari 5, 6, dan 10 adalah 30.
5Hitunglah FPB dari 24 dan 54.FPB dari 24 dan 54 adalah 6.

Selain itu, tersedia juga bank soal online FPB dan KPK kelas 4 yang dapat diakses oleh siswa untuk berlatih. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan bank soal online FPB dan KPK untuk kelas 4:

Soal Cerita FPB dan KPK Kelas 4 Beserta Jawabannya

Siswa kelas 4 akan dihadapkan pada soal cerita yang menggunakan konsep FPB dan KPK. Adapun beberapa contoh soal cerita FPB dan KPK serta jawabannya akan dijelaskan sebagai berikut:

SoalJawaban
Dua orang petani memiliki sawah yang luasnya berbeda. Luas sawah petani A adalah 300 m2, sedangkan luas sawah petani B adalah 450 m2. Petani A dan B akan menanam padi di sawah mereka. Mereka ingin menanam padi sehingga luas sawah yang digunakan sama besar. Berapa meter persegi sawah yang akan digunakan oleh masing-masing petani?Luas terkecil yang dapat digunakan pada kedua lahan adalah FPB dari 300 dan 450, yaitu 150 m2. Maka masing-masing petani akan menanam padi di lahan seluas 150 m2.
Sebuah lapangan mempunyai panjang 35 m dan lebar 21 m. Lapangan itu akan dibiarkan tetap terbuka. Sekelompok pengisi acara akan menaruh 70 kursi di lapangan itu. Mereka akan menaruh kursi di lapangan itu berderet-deret dan sejajar. Berapa baris kursi yang akan mereka buat?Luas lapangan adalah 35 × 21 = 735 m2. Untuk menaruh 70 kursi, maka setiap kursi dapat menempati luas 735 ÷ 70 = 10,5 m2. Kursi akan disusun berderet-deret dan sejajar, maka panjang kursi 1,5 m (15/10). Setiap baris akan ditempati oleh 21/1,5 = 14 kursi. Maka pengisi acara akan membuat 5 baris kursi untuk menaruh semua kursi yang mereka punya.

Dari contoh soal di atas, terlihat bahwa soal cerita juga seringkali menggunakan konsep FPB dan KPK. Dengan berlatih menyelesaikan soal cerita yang mengandung konsep FPB dan KPK, siswa kelas 4 akan lebih terampil dalam memahami konsep tersebut dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pembahasan Soal FPB dan KPK Kelas Empat

Untuk memahami dan menguasai materi FPB dan KPK kelas 4 dengan baik, siswa perlu mengasah kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang mengandung konsep FPB dan KPK. Berikut adalah beberapa langkah dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK:

Contoh Soal FPB dan KPK Kelas 4

Berikut adalah contoh soal FPB dan KPK kelas 4 beserta pembahasannya:

NoSoalJawaban
1Hitunglah FPB dari 12 dan 18FPB dari 12 dan 18 adalah 6
2Hitunglah KPK dari 6 dan 8KPK dari 6 dan 8 adalah 24
3Sebuah sekolah memiliki 35 siswa kelas 4 dan 42 siswa kelas 5. Mereka akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki jumlah siswa yang sama banyak. Kelompok terbanyak yang dapat dibentuk adalah?FPB dari 35 dan 42 adalah 7. Jadi, jumlah kelompok terbanyak yang dapat dibentuk adalah 7.

Langkah-langkah Menyelesaikan Soal FPB dan KPK

Berikut adalah langkah-langkah dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK:

  1. Menentukan bilangan-bilangan yang akan dicari FPB atau KPK-nya
  2. Mencari faktor-faktor dari masing-masing bilangan
  3. Mencari faktor-faktor yang sama dari bilangan-bilangan tersebut
  4. Apabila mencari FPB, maka faktor-faktor yang sama diambil yang paling besar
  5. Apabila mencari KPK, maka faktor-faktor yang sama diambil yang paling kecil

Dengan memahami langkah-langkah di atas, siswa diharapkan dapat menyelesaikan soal-soal FPB dan KPK dengan lebih mudah dan cepat.

Unduh Soal Matematika FPB dan KPK untuk Anak Kelas 4

Bagi orang tua atau guru yang ingin memberikan latihan tambahan kepada siswa kelas 4, kami menyediakan link unduh soal matematika FPB dan KPK secara gratis. Soal-soal ini telah disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan dilengkapi dengan pembahasan yang lengkap.

Link unduh soal matematika FPB dan KPK kelas 4 dapat diakses melalui tautan berikut: insert link here. Dengan mengunduh soal-soal tersebut, siswa dapat belajar dan mengasah kemampuan dengan lebih intensif sekaligus meningkatkan pemahaman terhadap materi FPB dan KPK.

Latihan soal ini sangat penting bagi siswa kelas 4, karena selain membantu siswa untuk menguasai materi FPB dan KPK dengan lebih baik, juga dapat meningkatkan ketepatan siswa dalam mengerjakan soal matematika.

Kesimpulan

Pada akhir artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) merupakan pelajaran penting yang harus dikuasai oleh siswa kelas 4 SD. Dalam mempelajari materi tersebut, siswa memerlukan latihan soal dan pembahasan untuk dapat mengasah pemahaman dan keterampilan mereka dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK.

Dalam artikel ini, telah disajikan berbagai contoh soal dan pembahasan yang menjelaskan secara rinci cara menyelesaikan soal FPB dan KPK. Siswa juga dapat mengakses bank soal dan link download soal secara gratis untuk membantu mereka dalam berlatih.

Diharapkan dengan adanya artikel ini, siswa kelas 4 SD dapat lebih memahami dan menguasai materi FPB dan KPK dengan baik. Dalam menghadapi ujian atau test, siswa akan lebih percaya diri dalam menyelesaikan soal FPB dan KPK dan meraih hasil yang memuaskan.

Originally posted 2023-07-28 17:00:11.

Related Post

Ads - Before Footer