Rumus Keliling Jajar Genjang dan Contoh Soal: Panduan Belajar Anda

Selamat datang di panduan belajar tentang rumus keliling jajar genjang dan contoh soal perhitungannya. Dalam matematika, jajar genjang merupakan salah satu bangun datar yang memiliki

Dwiyantono

Rumus Keliling Jajar Genjang

Selamat datang di panduan belajar tentang rumus keliling jajar genjang dan contoh soal perhitungannya. Dalam matematika, jajar genjang merupakan salah satu bangun datar yang memiliki bentuk segi empat dengan dua pasang sisi sejajar dan sama panjang. Untuk menghitung keliling jajar genjang, diperlukan rumus yang tepat agar tidak terjadi kesalahan perhitungan. Dalam panduan ini, kami akan membahas tentang rumus keliling dari jajar genjang, memberikan contoh soal perhitungan keliling jajar genjang, serta cara menghitung keliling jajar genjang.

Belajar tentang rumus keliling dari jajar genjang dan contoh soalnya penting untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan matematika Anda, terutama untuk menghadapi ujian atau tugas sekolah yang berkaitan dengan bangun datar. Oleh karena itu, simaklah dengan seksama setiap bagian dari panduan belajar ini dan praktikkan pemahaman Anda dengan contoh soal yang diberikan.

Apa itu Jajar Genjang?

Jajar genjang adalah sebuah bentuk geometris yang terdiri dari dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang, dan mempunyai dua sudut yang berdekatan sama besar.

Bentuk umum dari jajar genjang adalah seperti gambar di bawah ini:

SisiSudut
ABa∠B
BC∠C
CDb∠D
DA∠A

Contoh soal jajar genjang:

  1. Jika sisi AB jajar genjang berukuran 4 cm, dan sisi BC berukuran 6 cm, maka hitunglah panjang sisi CD!
  2. Hitunglah keliling jajar genjang yang mempunyai sisi AB = 5 cm, BC = 8 cm, dan sudut B = 60°!

Rumus Keliling Jajar Genjang

Untuk menghitung keliling jajar genjang, kita perlu mengetahui rumus keliling dari jajar genjang terlebih dahulu. Secara umum, rumus keliling jajar genjang adalah:

Keliling = 2 x (sisi AB + sisi BC)

Dalam rumus di atas, AB dan BC adalah sisi-sisi jajar genjang yang sejajar, sedangkan sisi yang lain disebut dengan sisi miring (dinyatakan dengan huruf d).

Kita dapat menyederhanakan rumus di atas sebagai:

Keliling = 2 x (AB + BC) atau Keliling = 2 x (a + b)

Perhatikan bahwa rumus ini hanya berlaku untuk jajar genjang yang sisi-sisinya sama panjang. Jika sisi-sisinya berbeda panjang, maka rumus keliling dari jajar genjang akan sedikit berbeda.

Secara umum, rumus keliling dari jajar genjang dapat dikatakan sebagai:

Keliling = Jumlah semua sisi yang ada di bangun datar tersebut.

Berikut ini adalah contoh soal untuk menghitung keliling jajar genjang:

Contoh Soal 1:

Sebuah jajar genjang memiliki sisi sejajar 6 cm dan 4 cm, serta sisi miring 8 cm. Berapakah keliling jajar genjang tersebut?

Penyelesaian:

Kita dapat menggunakan rumus keliling dari jajar genjang:

Keliling = 2 x (sisi AB + sisi BC)

Dalam kasus ini, AB = 6 cm dan BC = 4 cm. Maka:

Keliling = 2 x (6 + 4) = 20 cm

Jadi, keliling jajar genjang tersebut adalah 20 cm.

Contoh Soal 2:

Sebuah jajar genjang memiliki sisi sejajar 10 cm dan 8 cm, serta sisi miring 12 cm. Berapakah keliling jajar genjang tersebut?

Penyelesaian:

Kita dapat menggunakan rumus keliling dari jajar genjang:

Keliling = 2 x (sisi AB + sisi BC)

Dalam kasus ini, AB = 10 cm dan BC = 8 cm. Maka:

Keliling = 2 x (10 + 8) = 36 cm

Jadi, keliling jajar genjang tersebut adalah 36 cm.

Contoh Soal Keliling Jajar Genjang

Berikut adalah beberapa contoh soal matematika tentang keliling jajar genjang:

No.SoalJawaban
1Jika sisi alas jajar genjang adalah 8 cm dan sisi miringnya adalah 10 cm, berapa kelilingnya?Keliling jajar genjang = 2 x (sisi alas + sisi miring) = 2 x (8 cm + 10 cm) = 2 x 18 cm = 36 cm
2Sudut di salah satu titik jajar genjang adalah 60 derajat dan sisi alasnya 6 cm. Berapa kelilingnya?Keliling jajar genjang = 2 x (sisi alas + sisi miring) = 2 x (6 cm + (6 cm/sin(60))) = 2 x (6 cm + 6√3 cm) = 12 cm + 12√3 cm
3Sebuah jajar genjang memiliki sisi alas 12 cm dan keliling 40 cm. Berapa sisi miringnya?Sisi miring = (keliling – 2 x sisi alas) / 2 = (40 cm – 2 x 12 cm) / 2 = 8 cm

Dengan mempraktikkan contoh soal tentang keliling jajar genjang di atas, diharapkan pemahaman Anda tentang rumus keliling jajar genjang semakin terasah.

Cara Menghitung Keliling Jajar Genjang

Cara menghitung keliling jajar genjang dapat dilakukan dengan mudah jika Anda memahami rumus dan langkah-langkahnya. Berikut adalah cara menghitung keliling jajar genjang:

Langkah 1:

Hitunglah panjang sisi miring jajar genjang dengan menggunakan rumus Pythagoras:

sisi miring = akar (alas^2 + tinggi^2)

Langkah 2:

Hitunglah keliling jajar genjang dengan menjumlahkan semua sisi:

keliling jajar genjang = 2 x (alas + sisi miring)

Untuk memperjelas cara menghitung keliling jajar genjang, berikut adalah contoh soal:

Alas (a)Tinggi (t)Sisi Miring (s)
8 cm6 cm10 cm

Dalam contoh soal di atas, sisi miring dapat dihitung dengan rumus Pythagoras:

sisi miring = akar (8^2 + 6^2) = akar (64 + 36) = akar (100) = 10 cm

Setelah mengetahui semua sisi, hitunglah keliling jajar genjang dengan rumus:

keliling jajar genjang = 2 x (8 + 10) = 36 cm

Dengan demikian, keliling jajar genjang pada contoh soal di atas adalah 36 cm.

Kesimpulan

Setelah mempelajari rumus keliling dari jajar genjangdan contoh soal matematika yang diberikan, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keliling bangun datar. Keliling bangun datar adalah panjang garis yang mengelilingi suatu bangun datar. Dalam hal ini, kita telah belajar tentang rumus keliling dari jajar genjang dan cara menghitungnya dengan tepat.

Semua bangun datar memiliki keliling, dan rumus keliling dapat berbeda-beda tergantung pada bentuk geometris bangun datar tersebut. Dalam hal jajar genjang, rumus kelilingnya adalah jumlah panjang keempat sisinya. Dalam mempraktikkan pemahaman matematika Anda, Anda dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda dalam matematika dan mempersiapkan Anda untuk berbagai tugas matematika yang ada di masa depan.

Jangan lupa bahwa pemahaman yang baik tentang konsep dasar matematika sangat penting bagi kebanyakan profesi dan bisnis. Oleh karena itu, mempelajari rumus keliling dari jajar genjang dan konsep bangun datar lainnya akan memberikan keuntungan besar bagi Anda di kemudian hari.

Related Post

Ads - Before Footer