Kumpulan Soal Diagram Batang Kelas 5 SD: Latihan & Pembahasan

Diagram batang adalah salah satu metode penyajian data yang umum digunakan dalam matematika dan statistik. Untuk membantu siswa kelas 5 SD memahami konsep ini dengan

Dwiyantono

Kumpulan Soal Diagram Batang Kelas 5 SD

Diagram batang adalah salah satu metode penyajian data yang umum digunakan dalam matematika dan statistik. Untuk membantu siswa kelas 5 SD memahami konsep ini dengan baik, kami menyediakan serangkaian latihan dan pembahasan untuk diagram batang.

Latihan-latihan ini dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang cara membuat dan menginterpretasikan diagram batang. Melalui latihan-latihan ini, siswa akan dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan diagram batang.

Key Takeaways:

  • Latihan dan pembahasan diagram batang untuk siswa kelas 5 SD.
  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang cara membuat dan menginterpretasikan diagram batang.
  • Melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang melibatkan diagram batang.

Contoh Soal Matematika Diagram Batang SD Kelas 5

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal matematika tentang diagram batang khusus untuk siswa kelas 5 SD:

NoSoal
1Pada sebuah kelas terdapat 25 siswa. Diagram batang di bawah menunjukkan jenis-jenis buku bacaan yang dimiliki oleh siswa-siswa tersebut. Berapa jumlah siswa yang memiliki buku cerita?
2Sebuah toko buku menjual beberapa jenis buku. Diagram batang di bawah menunjukkan jumlah buku yang terjual pada hari Senin. Jika setiap buku seharga Rp20.000,-, berapa total uang yang didapat pada hari Senin?
3Diagram batang di bawah menunjukkan jumlah siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler di sebuah sekolah. Berapa persentase siswa yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler?

Dengan berlatih menjawab contoh soal di atas, siswa kelas 5 SD diharapkan dapat lebih terampil dalam memahami dan memecahkan masalah yang melibatkan diagram batang. Teruslah berlatih dan selamat belajar!

Latihan Soal Diagram Batang untuk Anak Kelas 5

Untuk membantu siswa kelas 5 SD lebih terampil dalam mengoperasikan diagram batang, kami menyediakan bank soal khusus yang terdiri dari berbagai latihan soal yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep tersebut. Soal-soal tersebut mencakup variasi situasi dan skenario yang terkait dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat membantu siswa mengasah kemampuan mereka dalam memecahkan masalah menggunakan diagram batang secara efektif.

Jenis SoalFormat SoalJawaban
Soal Tipe 1Sebuah diagram batang menunjukkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan dalam suatu kelas. Jika jumlah siswa laki-laki adalah 12, sedangkan jumlah siswa perempuan adalah 18, berapa total jumlah siswa dalam kelas tersebut?30
Soal Tipe 2Sebuah diagram batang menunjukkan jumlah buku yang dibaca oleh beberapa siswa dalam sebulan terakhir. Jika setiap garis mewakili 5 buku, dan garis terpanjang menunjukkan bahwa seseorang membaca 20 buku, berapa banyak buku yang dibaca oleh siswa yang jumlahnya paling banyak?15
Soal Tipe 3Sebuah diagram batang menunjukkan pengunjung taman hiburan pada hari Sabtu dan Minggu selama tiga minggu terakhir. Berapa total pengunjung pada hari Sabtu selama tiga minggu terakhir?69

Siswa bisa menggunakan contoh soal tersebut sebagai referensi untuk memperdalam pemahaman mereka tentang diagram batang dan cara penggunaannya dalam memecahkan masalah matematika. Dengan rutin berlatih, diharapkan kemampuan siswa dalam menggunakan diagram batang dalam memecahkan masalah pun semakin meningkat.

Latihan Soal Matematika SD Kelas 5 tentang Grafik

Bagian ini menyajikan praktik grafik yang mencakup diagram batang, di mana siswa dapat memperkuat pemahaman mereka tentang representasi data menggunakan grafik yang berbeda. Seperti yang kita ketahui, grafik menjadi salah satu konsep matematika dasar yang harus dipelajari siswa agar dapat memahami informasi yang disajikan dalam bentuk visual.

Soal praktis diagram batang ini membantu siswa untuk memperoleh keterampilan dalam memecahkan persoalan matematika tentang grafik. Soal-soal ini terdiri dari berbagai macam jenis diagram batang yang mencakup berbagai macam skenario dan situasi yang muncul dalam kehidupan nyata. Siswa akan diberi kesempatan untuk berlatih menggunakan diagram batang dalam situasi nyata yang memudahkan mereka untuk memahami penggunaannya.

NoSoalJawaban
1Berikut ini adalah jumlah buah apel yang terjual di toko buah selama 5 hari:
Senin: 15, Selasa: 20, Rabu: 10, Kamis: 25, Jumat: 12
Buatlah diagram batang yang menunjukkan jumlah apel yang terjual selama 5 hari tersebut.
2Di suatu toko buku, terdapat 3 jenis buku yang dijual. Berikut adalah jumlah buku yang terjual selama seminggu:
Jenis A: 25, Jenis B: 12, Jenis C: 18
Buatlah diagram batang yang menunjukkan jumlah buku yang terjual untuk tiap jenisnya.

Dalam beberapa kasus, diagram batang dapat digunakan untuk menganalisis dan membandingkan data yang kompleks. Dengan berlatih memecahkan soal praktis seperti yang dipresentasikan di atas, siswa akan dapat menguji kemampuan mereka dalam menggunakan diagram batang untuk memvisualisasikan data, serta untuk memecahkan berbagai masalah matematika lainnya yang melibatkan teknik grafik.

Latihan Soal Matematika SD Kelas 5 tentang Grafik

  • Buatlah diagram batang yang menunjukkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan di kelasmu.
  • Di sebuah restoran, 60% dari total pelanggan memilih menu steak, 30% memilih menu salad dan 10% memilih menu lainnya. Buatlah diagram batang yang menunjukkan persentase pengunjung restoran yang memilih setiap menu.
  • Seorang penjual buah terjual 30 kg apel dan 15 kg jeruk dalam waktu satu minggu. Buatlah diagram batang yang menunjukkan jumlah buah yang terjual untuk tiap jenisnya selama seminggu tersebut.

Contoh Soal Diagram Batang dan Penyelesaiannya

Setelah mempelajari berbagai macam soal diagram batang, sekarang saatnya untuk melihat contoh-contoh soal beserta penyelesaiannya. Dalam bagian ini, kami akan memberikan beberapa contoh soal diagram batang yang sering muncul dalam ujian matematika kelas 5 SD.

Contoh Soal 1:

Berikut ini adalah diagram batang yang menunjukkan jumlah siswa perempuan pada tiga kelas berbeda di sebuah sekolah. Setiap kotak kecil pada sumbu vertikal mewakili 5 siswa.

Berdasarkan diagram batang tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini:

a. Berapa jumlah siswa perempuan pada kelas 5A?

b. Berapa total jumlah siswa perempuan pada ketiga kelas?

Penyelesaian:

a. Jumlah siswa perempuan di kelas 5A dapat dilihat dari diagram batang pada sumbu horizontal. Jumlah kotak kecil yang terisi pada baris 5A adalah 4 kotak. Jadi, jumlah siswa perempuan pada kelas 5A adalah 4 x 5 = 20 siswa.

b. Total jumlah siswa perempuan pada ketiga kelas dapat dihitung dengan menjumlahkan jumlah siswa perempuan pada setiap kelas. Jadi, total jumlah siswa perempuan = (4 x 5) + (2 x 5) + (3 x 5) = 20 + 10 + 15 = 45 siswa.

Contoh Soal 2:

Berikut ini adalah diagram batang yang menunjukkan jumlah belanja bulanan yang dibuat oleh keluarga Budi pada lima kategori yang berbeda. Setiap kotak kecil pada sumbu vertikal mewakili Rp 200.000,-

Berdasarkan diagram batang tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini:

a. Berapa jumlah total belanja bulanan keluarga Budi?

b. Kategori apakah yang memiliki jumlah belanja terbanyak?

Penyelesaian:

a. Jumlah total belanja bulanan keluarga Budi dapat dihitung dengan menjumlahkan jumlah kotak kecil yang terisi pada sumbu vertikal. Jadi, total belanja bulanan = (4 x 2) + (2 x 4) + (5 x 2) + (3 x 2) + (2 x 3) = 8 + 8 + 10 + 6 + 6 = Rp 38.000.000,-

b. Kategori yang memiliki jumlah belanja terbanyak dapat dilihat dari tinggi bar pada diagram batang. Kategori makanan memiliki tinggi bar paling tinggi, sehingga kategori makanan adalah kategori yang memiliki jumlah belanja terbanyak.

Originally posted 2023-08-27 09:00:40.

Related Post

Ads - Before Footer