Bahasan Soal Matematika Kelas 4 Pecahan Campuran Paling Mudah

Pecahan campuran merupakan topik penting dalam matematika kelas 4. Pada bagian ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang Soal Matematika Kelas 4 Pecahan Campuran. Kami

Dwiyantono

Soal Matematika Kelas 4 Pecahan Campuran

Pecahan campuran merupakan topik penting dalam matematika kelas 4. Pada bagian ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang Soal Matematika Kelas 4 Pecahan Campuran. Kami akan memperkenalkan konsep pecahan campuran dengan cara yang mudah dipahami serta memberikan cara menjawab dan menyelesaikan soal-soal ini dengan cara yang paling mudah dan efisien.

Poin Kunci:

  • Pecahan campuran merupakan topik penting dalam matematika kelas 4
  • Konsep pecahan campuran akan diperkenalkan dengan cara mudah dipahami
  • Metode untuk menjawab dan menyelesaikan Soal Matematika Kelas 4 Pecahan Campuran yang mudah dan efisien akan dijelaskan

Contoh Soal Matematika Kelas 4 Pecahan Campuran

Berikut adalah beberapa contoh Soal Matematika Kelas 4 Pecahan Campuran:

NoSoalJawaban
1Sebuah tali panjangnya 5 1/2 meter dipotong menjadi 2 bagian. Bagian pertama lebih pendek 2/3 dari bagian kedua. Berapa panjang tiap bagian?Bagian pertama: 1 5/6 meter, bagian kedua: 3 2/3 meter
2Maya membagi 12 1/2 kg beras menjadi 5 karung yang jumlahnya sama. Berapa berat setiap karung?2 1/2 kg
3Seorang petani memiliki lahan seluas 8 3/4 are. Jika dijual seharga 50 juta per hektar, berapa uang yang bisa didapat petani tersebut?35 juta

Jangan lupa untuk menyederhanakan pecahan jika mungkin dan memeriksa kembali jawaban Anda setelah menyelesaikan soal. Dengan berlatih menjawab contoh soal di atas, Anda akan semakin terbiasa dengan konsep pecahan campuran dan dapat mengerjakan soal-soal yang lebih sulit nantinya.

Pembahasan Soal Pecahan Campuran Kelas 4

Setelah Anda melihat beberapa contoh soal pecahan campuran kelas 4 pada bagian sebelumnya, sekarang saatnya kita membahas cara menyelesaikan setiap soal dengan benar. Pecahan campuran adalah kombinasi antara bilangan bulat dan pecahan biasa. Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memahami konsep dasar pecahan dan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Dalam menyelesaikan soal pecahan campuran kelas 4, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut lalu ditambah dengan pembilang. Berikut adalah contoh bagaimana mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa:

Pecahan CampuranPecahan Biasa
2 3/4(2 x 4 + 3) / 4 = 11/4
5 2/5(5 x 5 + 2) / 5 = 27/5

Setelah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, Anda dapat menyelesaikan soal seperti biasa dengan cara menambahkan, mengurangi, mengalikan, atau membagi pecahan. Berikut adalah contoh bagaimana menyelesaikan soal dengan menggunakan pecahan biasa yang sudah diubah:

    1. Seorang anak membeli roti seharga 2 1/2 lembar uang lima ribuan. Berapa harga sekali beli roti tersebut?

Langkah pertama adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. 2 1/2 = (2 x 2 + 1) / 2 = 5/2. Jadi harga roti tersebut adalah 5/2 x 5000 = 12500.

    1. Seorang petani mempunyai 22 3/4 kg jeruk. Dia menjual 13 1/2 kg jeruk. Berapa kg jeruk yang dimilikinya sekarang?

Langkah pertama adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. 22 3/4 = (22 x 4 + 3) / 4 = 91/4 dan 13 1/2 = (13 x 2 + 1) / 2 = 27/2. Jadi jumlah jeruk yang dimilikinya sebelum dijual adalah 91/4 kg. Setelah menjual, jumlah jeruk yang dimilikinya sekarang adalah 91/4 – 27/2 = 35/4 kg.

    1. Seorang ibu membeli 3 meter kain. Kemudian dia memotong sepanjang 5/8 meter untuk membuat tas. Berapa panjang kain yang tersisa?

Langkah pertama adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. 5/8 tidak dapat diubah menjadi pecahan campuran karena pembilangnya lebih kecil dari penyebut. Oleh karena itu, kita perlu mengubah bilangan 3 meter menjadi meter dan membaginya dengan 5/8. 3 meter = 300 cm, 300 cm / 5/8 = 300 x 8/5 = 480 cm. Jadi panjang kain yang tersisa adalah 480 cm – 50 cm = 430 cm.

Dalam menyelesaikan soal pecahan campuran kelas 4, pastikan Anda memahami konsep dasar dan menjawab soal dengan hati-hati. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Latihan Soal Pecahan Campuran Kelas 4

Setelah memahami konsep pecahan campuran, penting untuk melatihkan kemampuan Anda dengan mengerjakan beberapa latihan soal pecahan campuran kelas 4. Latihan soal akan membantu Anda menguji pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi ini dengan lebih baik. Berikut ini beberapa latihan soal pecahan campuran kelas 4 yang dapat Anda coba:

NoSoalJawaban
1Bagaimana cara menyelesaikan 3 1/3 + 2 2/3?Jawaban: 6
2Sebuah tali panjangnya 5 1/5 m dipotong menjadi dua bagian. Bagian pertama memiliki panjang 2 1/10 m, sisa tali yang dipotong menjadi bagian kedua adalah?Jawaban: 3 9/10 m
3Jika 4/5 dari sebuah kue sudah habis dimakan dan sisa kuenya berupa pecahan campuran 2 3/4, maka ukuran awal kue tersebut adalah?Jawaban: 14 4/5
4Suatu rumah mempunyai panjang 16 2/3 m dan lebar 11 1/4 m. Hitunglah luas halaman rumah tersebut!Jawaban: 187 1/2 m²
5Dalam sebuah kelas terdapat 25 anak. Sebanyak 13 3/4 anak dalam kelas tersebut adalah perempuan. Berapa jumlah anak laki-laki dalam kelas tersebut?Jawaban: 11 1/4

Setelah mengerjakan latihan soal di atas, Anda dapat memeriksa jawaban Anda dan melihat sejauh mana pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi pecahan campuran kelas 4. Jangan ragu untuk mencoba soal-soal lain dan terus berlatih untuk menguasai konsep ini dengan baik.

Soal Matematika Pecahan Campuran SD Kelas 4

Bagian terakhir ini akan memberikan beberapa contoh soal cerita pecahan campuran kelas 4. Anda diharapkan dapat menerapkan konsep pecahan campuran untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Silakan baca dengan cermat dan jawablah soal-soal berikut ini:

Contoh Soal 1

Andi memiliki 2 1/2 kilogram beras di rumah. Dia ingin memberikan separuh berat beras tersebut ke tetangganya. Berapa kilogram beras yang diberikan oleh Andi?

Jawaban:

Andi memiliki 2 1/2 kilogram = 5/2 kilogram beras. Jumlah beras yang akan diberikan Andi = 1/2 x 5/2 = 5/4 kilogram.

Contoh Soal 2

Sebuah bahan bangunan memiliki panjang 1 1/4 meter dan lebar 2/3 meter. Berapa luas bahan bangunan tersebut?

Jawaban:

Luas bahan bangunan tersebut = panjang x lebar = (5/4) x (2/3) = 5/6 meter persegi.

Contoh Soal 3

Sebuah ruangan memiliki panjang 3 3/4 meter dan lebar 2 1/2 meter. Berapa luas ruangan tersebut?

Jawaban:

Luas ruangan tersebut = panjang x lebar = (15/4) x (5/2) = 37.5 meter persegi.

Dengan mengerjakan soal-soal di atas, Anda akan semakin terlatih dalam menggunakan konsep pecahan campuran untuk memecahkan masalah matematika. Lakukan latihan secara teratur untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami dan mengaplikasikan konsep matematika tersebut.

Related Post

Ads - Before Footer